• About
  • Contact
  • Disclaimer
  • Privacy Policy

Winglet di MotoGP Berbahaya

 

Winglet di MotoGP Berbahaya. Meskipun di Moto2 dan Moto3 penggunaan sayap (winglet) pada motor dilarang karena dianggap berbahaya, namun di MotoGP belum menerapkan aturan serupa. Sampai seri Austin Amerika, winglet masih diperbolehkan di pergunakan. Yang nampak mencolok adalah winglet di motor Ducati dan motor Yamaha milik Lorenzo, ukurannya cukup besar. Sementara winglet yang digunakan Honda ukurannya lebih kecil. Cara Media Terkini kali ini akan ikut menyoroti soal winglet ini.

Setidaknya ada dua kejadian yang menjadikan penggunaan winglet pada MotoGP mendapat sorotan kembali. Beberapa pembalap memang menganggap winglet tidak banyak bermanfaat, misalnya Rossi. Pada seri Argentina ada kejadian di awal star ketika Marquez dan Iannone bersenggolan dan winglet pada motor Iannone sampai memotong kamera di ekor motor Marquez. Penonton MotoGP bisa melihat kamera pada motor Marques tergantung sepanjang balapan sebelum motornya diganti. Itu karena terpotong winglet Ducati ketika Marques bersenggolan dengan Iannone.


Kedua, peristiwa crashnya Pedrosa yang motornya menghantam kaki Dovioso sehingga jatuh. Pedrosa mengatakan, beruntung Honda tidak mempunyai winglet seperti Ducati. Lain ceritanya bila winglet Honda ukurannya besar, dengan hantaman motor yang sangat keras, tak terbayangkan bagaimana kondisi kaki Dovi. Membandingkan dengan putusnya kamera motor Marques oleh winglet motor Iannone, sungguh merupakan bayangan yang mengerikan. Untuk winglet Honda ukurannya kecil.

Winglet di MotoGP Berbahaya


Hantaman motor Pedrosa pada kaki Dovi, kalau saja Pedrosa memakai Ducati maka tepat pada posisi winglet dipasang. Artinya winglet yang akan terlebih dahulu kena pada kaki Dovi sebelum bagian motor lainnya. Mengerikan bila menganalisa demikian.

Apalagi ternyata Ducati terkadang tidak hanya menggunakan 2 buah winglet tapi bisa sampai empat winglet, tergantung sirkuitnya. 

winglet MotoGP berbahaya
Winglet pada motor Ducati, menggunakan 4 buah winglet
winglet pada MotoGP bahaya
Winglet pada Yamaha milik Lorenzo
Dari dua kejadian tersebut sebnarnya sudah cukup kuat untuk menyimpulkan bahwa winglet berbahaya untuk keselamatan rider terutama bila erjadi crash yang melibatkan 2 rider seperti ketika Iannone menabrak Dovi atau Pedrosa menabrak Dovi.

Saatnya otoritas MotoGP mengambil sikap soal winglet ini, melarang atau membuat aturan penggunaan winglet yang dipandang lebih aman. [Winglet]

Winglet di MotoGP Berbahaya 4.5 5 Unknown Winglet di MotoGP Berbahaya. Meskipun di Moto2 dan Moto3 penggunaan sayap (winglet) pada motor dilarang karena dianggap berbahaya, namun di MotoGP belum menerapkan aturan serupa Winglet di MotoGP Berbahaya . Meskipun di Moto2 dan Moto3 penggunaan sayap ( winglet ) pada motor dilarang karena dianggap berbahaya , namu...


No comments:

Post a Comment

J-Theme